• TANYA POHON KERING KEPADA MURAI EMAS TENTANG ASALNYA


    Murai tak lagi berenang di telaga pinggir hutan dekat pepohonan kering itu, Sebab musim telah membisikkan kepadanya tentang danau harum di tengah kota besar, Airnya menyaingi kedahsyatan kauzar, luarnya membentang hingga ke jiran, Kau takkan merasa lengah dan lapar sebab semua ikan akan menjadi palayan setiamu.

    Suatu saat pohon kering itu bercerita kepada seekor kura-kura kerdil, Dulu,, Dulu sekali di danau yang airnya busuk ini, ada seekor murai emas yang selalu memujaku, Murai itu pernah berjanji padaku, akan setia menemaniku hingga kering air telaga, Tapi musim telah membawanya pergi menuju sebuah danau gemilau.

    Bahkan aku pernah pernah bertanya kepadanya.
    Dari mana asalnya murai,, ? Seraya membalikkan badan dan berenang menuju sebuh takat, lalu dia berdiri dan berkata padaku "Bukankah kau tumbuh di air dan mengenal telaga dengan baik" kenapa bertanya darimana asalnya Murai..?

    Ingin sekali ku goyangkan batang ku yang berdiri tinggi menjulang langit, Tapi akar begitu kuat terhujam di petala bumi, bahkan sampai sekarang hingga kering air telaga, Aku tetap berdiri di sini, sebagai pepohonan kering, menjadi saksi pernah adanya Murai. Agar kelak di kemudian hari, aku bisa bercerita kepada para rumput bahwa dulu,, sudah sangat dulu sekali.

    Sampai disitulah ceritaku kepada rumput kelak, Karena aku tahu, rumput takkan bisa memahami kisah Pohon Kering dan Murai Emas.


    EA. 291111. KA

    By. Yadhi Tetes

0 komentar:

Posting Komentar